Dari kata kompresor sendiri, memiliki kata dasar kompres (compress) yang artinya menekan, jadi kompresor adalah suatu alat atau mesin yang berfungsi untuk memberikan tekanan atau memampatkan suatu compressible fluid (zat yang dapat dimampatkan).

Compressible fluid dalam hal ini adalah udara, yang telah dimampatkan dapat meningkatkan energi dari udara tersebut. Energi inilah yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Sebagai contoh adalah untuk menggerakkan benda seperti pada mesin-mesin pneuematic, kulkas, AC, dan sebagainya.

Didalam dunia industri, penggunaan kompresor sangatlah penting sebagai penghasil udara bertekanan, maupun sebagai satu kesatuan dari mesin-mesin.

Jenis mesin kompresor sendiri ada banyak, yang sederhana dapat kita jumpai pada mesin kompresor sistem piston. Prinsip atau cara kerja kompresor tersebut sama seperti pompa ban sepeda. Jika piston kompresor ditarik ke atas, maka tekanan silinder yang ada di bagian bawah akan menurun sampai berada di bawah tekanan atmosfer. Hal tersebut membuat udara luar akan masuk melalui celah katup hisap.

Selanjutnya udara masuk ke dalam pompa kemudian piston turun menuju ke bawah untuk memampatkan udara tersebut. Udara dimampatkan sehingga volumenya menjadi lebih kecil, atau udara tersebut mengalir menuju ke tempat yang memiliki tekanan udara yang lebih rendah. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat memperhatikan video dibawah ini.